Kamis, 11 Oktober 2012

materi bahasa indonesia - Membaca Ekstensif Bacaan dari Berbagai Sumber


Membaca Ekstensif  Bacaan dari Berbagai Sumber


Standar  Kompetensi
Menanggapi siaran atau informasi dari  media  elektronik (berita dan nonberita)

Indikator
Menuliskan isi siaran radio/ televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis  secara runtut dan jelas
     Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)    


Kalian akan membaca ekstensif beberapa bacaan dari berbagai sumber. Kemudian, kalian akan mengidentifikasi ide pokok tiap paragraf dan menuliskannya kembali bacaan tersebut secara ringkas.   
 
Membaca ekstensif berarti membaca secara luas. Anda harus membaca sebanyak-banyaknya teks bacaan yang bertema sama (sejenis) dalam waktu sesingkat-singkatnya. Tujuan membaca ekstensif ini untuk memahami pokok-pokok pikiran bacaan dengan cepat.
Anda dapa tmelakukan membaca ekstensi fdengan langkah-langkah di bawah ini:
Mengumpulkan bacaan sejenis dari berbagai sumber (darimedi amassa tertulis atau elektronik).
Karena tujuan membaca ekstensif adalah menemukan pokok-pokok pikiran bacaan, membaca dilakukan dengan cara skimming. Tidak perlu membaca keseluruhan.
Mencatat hal-hal pokok bacaan sambil membaca.   

    Membaca skimming dapat dilakukan dengan mata bergerak pada baris-baris pertama yang mengandung ide pokok paragraf.  Kemudian, melompat dan berhenti di beberapa fakta, detail tertentu yang dianggap penting dan menunjang ide pokok. Selanjutnya, membaca detail yang penting biasanya ditunjukkan oleh tipografi atau tanda-tanda rincian.
    Sebelum membaca ekstensif, cobalah membaca paragraf di bawah ini:
    Kesejahteraan membuat hati kita takut, jangan-jangan akan kehabisan, jika harus member sebagian milik kita pada sesame. Itulah paradoks kelimpahan, kekayaan, dan kesejahteraan. Di dalamnya hati menjadi kecil, sempit, dan penuh kekhawatiran. Akibatnya, kita kita menjadi manusia terasing terhadap manusia lainnya. Tak hanya mengenai harta saja, tapi juga mengenai seluruh kehidupan.
Disadur dari:  “Musuh Kehidupan” Intisari, September 2004
    Kata-kata yang bercetak tebal pada bagian awal merupakan ide pokok atau gagasan pokok paragraf. Sedangkan kata bercetak tebal selanjutnya merupakan hal-hal yang mendukung ide pokok.

Cobalah kalian membaca skimming bacaan singkat di bawah ini. Tandai ide pokoknya dan kata-kata yang mendukung ide pokok.
Bacaan 1
Membangun Rasa Kepercayaan Diri
    Rasa percaya diri mempunyai pengaruh yang sangat kuat dalam kehidupan kita sehari-hari. Rasa percaya diri membuat kita merasa siap menghadapi hidup ini. Tetapi, rasa percaya diri juga mudah hilang, ketika hidup menjadi sulit.
    Menurut ahli terapi, Gael Lindenfield, ada dua jenis percaya diri yang mempunyai perbedaan nyata, yaitu rasa percaya diri yang bersifat inner atau inner confidence dan author confidence. Ratusan orang mengatakan, mereka bisa mengerjakan sesuatu dengan baik. Akan tetapi, dalam hati mereka tidak senang dengan dirinya.
    Terkadang, rasa percaya diri hanya menyangkut potongan rambut yang baik, hobi baru, atau penampilan baru. Atau mungkin juga, berasal dari dalam, yang mengakibatkan fobia dan depresi klinis.
    Secara alamiah, orang-orang yang percaya diri mempunyai lebih banyak sereotonin dan dopamine. Zat kimia ini mempunyai pengaruh pada bagian otak yanh fokus ke luar, membangkitkan rasa percaya diri instan. Cara kerjanya seperti kokain atau alkohol. Olah raga dan terpi dapat meningkatkan khasiat sereotonin dan dopamine walau tidak terlalu cepat.
    Jalan menuju percaya pada diri sendiri dapat dimulai dengan langkah-langkah yang sangat kecil. Sebagai contoh, keresahan sering dikaitkan dengan napas pendek. Jadi, dengan hanya belajar menarik nafas panjang bisa mendatangkan perbedaan besar. Saran-saran berbusana yang baik bisa membangkitkan percaya diri secara instan.

 Sumber: Tabloid Aura,Edisi 48, 23-29 Desember 2004

Bacaan 2
Pencarian Jati Diri Seorang Remaja
    Apa yang menarik dari penampilan     VJ MTV? Salah satunya adalah cara mereka bergaya mulai dari bicara, bahasa tubuh, sampai pakaiannya. Mereka tampil mewakili gaya sebagian remaja masa kini.
    Apakah Anda termasuk salah satu remaja yang terpengaruh? Bagaimana pendapat orang tua anda?
    Adriana S. Ginanjar, psikolog dan pengajar pada Fakultas Psikologi UI, bercerita. Dia pernah mencatat keluhan dari orang tua terhadap cara berpakaian anaknya. Hanya karena soal pakaian itu hubungan antara orang tua dan anaknya itu sering diwarnai pertengkaran. 
    Dari pengalaman sehari-hari Adriana mengamati beberapa hal yang menjadi sumber ketidakharmonisan orang tua dengan anak remajanya. Barangkali Anda mengalami sendiri perbedaan pendapat ini. Misalnya saja, Anda ingin pergi dengan teman-teman tetapi dilarang orang tua. Atau mungkin orang tua memaksa mengikuti les computer, padahal Anda lebih senang dengan les musik.
    Menghadapi keadaan itu, Anda tentu ingin orang tua bersikap bijaksana. Mereka sebaiknya bisa memahami fase pencarian identitas generasi muda. Jadi, jangan merasa ditentang atau dilarang jika orang tua memberi nasihat atau pengarahan kepada Anda. Dengarkan dan ikuti nasihatnya, itu adalah cerminan sikap perhatian dan kasih saying orang tua kepada anak-anaknya.
Sumber: Kompas, 2 Januari 2005

Ceritakan kembali dua bacaan tersebut secara lisan. Gunakan pokok-pokok pikiran yang telah kalian catat


Uji Kemampuan
Kerjakan kegiatan-kegiatan berikut!
Carilah dua bacaan yang bertema Remaja dan Narkoba dari sumber yang berbeda.
Bacalah dan ceritakan kembali secara tertulis.

Penting
Menentukan pokok-pokok pikiran bacaan
dapat dilakukan dengan cara mencari
pikiran pokok tiap paragraf   










 Memperkenalkan Diri Dan Orang Lain Dalam Forum Resmi


Standar Kompetensi
Meperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat

Indikator
Mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya, sebagai moderator atau pembawa acara) dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton
Menggunakan diksi (pilihan kata)  yang tepat
Menanggapi kekurangan yang terdapat pada pengucapan kalimat perkenalan oleh teman
Memperbaiki pengucapan kalimat yang kurang sesuai
    
 
Kalian akan mengucapkan kalimat perkenalan, menggunakan kalimat, jeda, dan intonasi yang tepat. Mencatat kekurangan pengucapan perkenalan lau memperbaiki kalimat yang kurang tepat.   

Dalam memperkenalkan diri dan orang lain, anda juga dapat meyakinkan orang lain seperti dalam karangan argumentasi.

Simaklah contoh di bawah ini!
Pembawa acara :  “Hadirin yang berbahagia, baru saja kita mendengarkan sambutan dari Bapak Drs. L. Zihnan Munir S.Pd.I,M.Pd, Kepala SMAN 1 Sakra. Sekarang tibalah saatnya acara diskusi tentang “Bagaimana Meningkatkan Kedisiplinan di Lingkungan SMAN 1 Sakra.” Acara ini akan dipandu oleh Bapak Hasanul Ahmadi, Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan. Kepada Bapak Hasanul Ahmadi, S.Pd diharapkan tampil ke depan menempati tempat yang telah disediakan.
Moderator        :    “Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk memandu diskusi ini. Selamjutnya saya  persilahkan para pembicara untuk menempati tempat yang telah disediakan oleh panitia.

Dalam forum diskusi di atas seorang pembawa acara bertugas membuka acara dan memperkenalkan seorang moderator. Kemudian, seorang moderator bertugas membuka diskusi. Ia terlebih dahulu akan memperkenalkan para pembicara dan notulis.
Siapa sajakah pembicara yang diperkenalkan dalam diskusi?
Bagaimana moderator memperkenalkan setiap pembicara?
Ajaklah teman sebangkumu maju  ke depan kelas. Andaikan anda belum saling berkenalan!
Berkenalanlah dengan teman sebangkumu itu!
Setelah itu, perkenalkanlah dia kepada teman-temanmu yang lain!
Bagi siswa yang tidak mendapatkan giliran, menyimaklah dengan baik!
Apakah temanmu sudah memperkenalkan diri dengan lengkap?
Apakah cara temanmu memperkenalkan orang lain sudah benar?
Simpulkan pendapatmu tentang memperkenalkan diri dan memperkenalkan orang lain!
Catatan:
Memperkenalkan diri dan memperkenalkan orang lain di dalam forum resmi selain diskusi adalah acara talk show, inisiasi, pelatihan/workshop, ataupun seminar.

Mendiskusikan Suatu Masalah

Indikator
    


 
Kalian akan menyampaikan ringkasan berita, artikel, atau buku dalam forum diskus dan menanggapi ringkasan isi berita.   

Pada kesempatan ini kelian akan melakukan diskusi. Sebelumnya lakukan kegiatan berikut!
Temukan masalah yang terdapat pada bacaan “

Buatlah persiapan diskusi bersama kelompok kalian!
Diskusikan masalah yang kalian temukan!
Catatlah hasil diskusi dan laporkan secara tertulis!


           Diskusi merupakan suatu bentuk kegiatan bertukarpikiran  yang teratur dan terarah, baik dalam kelompok kecil maupun besar. Diskusi bertujuan untuk mendapatkan suatu pengertian, kesepakatan, dan keputusan bersama mengenai suatu masalah.
     Dalam diskusi selalu ada masalah atau topik yang dijadika sebagai bahan. Pembicaraan dalam diskusi bertujuan untuk mencari jalan keluar atau kesepakatan tentang masalah itu. Oleh karena itu, di dalam diskusi selalu ada pendapat yang dilontarkan oleh peserta diskusi. Dari semua perdebatan akan muncul kesepakatan.     Masalah dalam diskusi diangkat dari beberapa hal
Masalah yang ditemukan dalam pergaulan dan kehidupan sehari-hari.
Masalah yang ditemukan dari artikel, berita, atau buku.

Diskusi merupakan salah satu bentuk pertemuan ilmiah, dan dimaksudkan untuk saling bertukar pikiran mengenai suatu masalah.

Ada beberapa unsur yang mendukung kegiatan diskusi:
Unsur  Manusia
Manusia merupakan komponen penting dalam kegiatan diskusi. Ada empat peran manusia dalam kegiatan diskusi:
Moderator / Pimpinan Diskusi
Moderator merupakan orang yang bertindak sebagai pemandu diskusi. Tugas moderator:
membuka diskusi
memberikan  uraian pada saat membuka diskusi
memberikan  tanggapan
memperkenalkan komponen-komponen yang lain
menjadi penengah jika terjadi perbedaan pendapat
menjelaskan aturan diskusi,
merumuskan hasil diskusi
menutup  diskusi
Pemrasaran / Penyaji
Pemrasaran merupakan orang yang akan memberikan materi atau pembicara dalam diskusi. Pemrasaran biasanya tokoh yang ahli di bidangnya, baik dalam skala  local, nasional, atau internasional. Misalnya: ulama, pakar politik, budaya, seni, kecantikan, kesehatan, dan lain-lain.

Notulen
Notulen merupakan orang yang bertugas membuat notula (catatan hasil diskusi).

Peserta
Merupakan orang-orang yang akan hadir sebagai pendengar, atau peserta diskusi.

Unsur materi
Materi ini berkaitan dengan topic, tema, atau pembicaraan dalam diskusi.

Unsur fasilitas
Fasilitas merupakan sarana dan prasarana yang harus tersedia meliputi ruangan , meja, kursi, alat audiovisual, papan tulis dan lain-lain  sehingga diharapkan mampu menciptakan suasana diskusi nyaman.   

Dalam forum diskusi kita harus dapat menerima atau menolak pendapat orang lain.
Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika menolak pendapat orang (sopan santun) adalah:
Mengemukakan pedapat dengan bahasa yang baik dan dilandasi argumentasi yang masuk akal.
Contoh:
Menanggapi masalah sampah jangan hanya dengan slogan, tetapi harus benar-benar dilaksanakan.

Yang ditolak adalah pendapatnya, bukan  orang yang mengemukakan pendapat.
Contoh:
Pendapat Anda memang masuk akal. Akan tetapi, namun membutuhkan biaya yang cukup tinggi dalam pelaksanaannya.
Menghilangkan rasa sentiment, rasa kurang senang, atau rasa jengkel terhadap orang yang mengemukakan pendapat.
Tidak mencemooh, menghina, atau menyinggung perasaan.
Menunjukkan bagian yang terdapat kelemahan, kesalahan, juga bagian yang baik sehingga diskusi peserta merasa puas.
Contoh:
Program yang Anda ajukan kurang realistis. Rencana pelaksanaannya tidak ditunjang dengan sarana dan prasarana yang cukup.
Mengemukakan pendapat melalui moderator.
Contoh:
Saudara moderator, pendapat Saudara penanggap tidak sesuai dengan konsep saya karena, program yang saya ajukan belum sampai pada pelaksanaannya.

Hal-hal yang diperhatikan dalam memberikan persetujuan.
Persetujuan dikemukakan dengan bahasa yang baik.
Contoh:
Saya setuju dengan pembicara bahwa penanggulangan sampah di sungai tidak
Persetujuan didukung bukti dan keterangan yang logis dan jelas.
Contoh:
Pencemaran sungai karena tumpukan sampah memang harus segera ditanggulangi. Sebentar lagi hujan dan akan menimbulkan banjir.
Komentar yang melengkapi hendaknya tidak berlebihan.
Contoh:
Jalan keluar yang Anda utarakan itu dapat dilakukan semua orang.
Persetujuan diberikan secara objektif, disertai fakta yang konkret.
Contoh:
Saya setuju, sampah-sampah di sungai itu harus segera ditanggulangi.
Kalimat yang digunakan harus mudah diterima dan tidak berbelit-belit.

Pekerjaan Rumah
Berdiskusilah!
Bersepakatanlah dengan teman kelompokmu untuk memilih satu judul buku.
Berapa banyak bab dalam buku itu. Bacalah satu bab satu orang. Kemudia, buatlah ringkasan bab tersebut!
Sampaikan ringkasan tiap bab dalam diskusi!
Tanggapilah ringkasa yang dibuat oleh teman-teman sekelompok!
Carilah kesepakatan untuk memecahkan masalah dalam seriap bab!

Daftarlah kata-kata sulit yang terdapat dalam buku yang dibaca. Kemudian, carilah artinya dalam kamus.

Bacalah bacaan berikut dengan seksama!

Keelokan Tanjung Harapan
“Tanjung Harapan yang kita lihat di seluruh keliling Bumi”
(Satu penjelajah Inggris Sir Francis Drake saat memasuki Table Bay di atas kapal ‘Golden Hind’ tahun 1580).
    Keadaan itu ia ungkapkan setelah ia melakukan ekspedisi mengelilingi bola dunia, melihat sendiri tanjung yang ada di ujung selatan – meskipun bukan yang paling ujung menurut ukuran lintang – benua Afrika. Tanjung itu juga yang dijumpai penjelajah dari Eropa yang waktu itu hendak mencari jalan ke negeri rempah-rempah di Timur.
    Hingga hari ini hamparan laut, lembah yang menghampar, dan perbukitan yang berpuncak ungu di Jazirah Tanjung (Cape Peninsula) masih tetap saja elok mendebarkan. Berdiri di sebelah kiri di bawah mercusuar di Cape Point, orang bisa melihat Samudera Hindia yang biru gelap dengan ketenangan yang menggetarkan, dan disebelah kanan Samudera Atlantik terlihat lebih dinamis dengan warna lebih kehijauan di sebelah kanan. (Dengan sedikit melamun, orang bisa membayangkan Australia jauh di sebelah timur, Amerika Selatan di sebelah kanan, dan nun jauh di selatan selimut putih Antartika).
    Tanjung Harapan (Cape of Good Hope) dan Cape Point di sebelah timurnya. Kedua Tanjung itu berada di kawasan yang sangat eksotik, yang keindahannya amatlah sulit dilukiskan dengan kata-kata. Datang ke sana dan menikmati semua alam yang adan barulah satu pengalaman unik, dengan exscitement seribu kali lebih otentik disbanding kata-kata. Untuk menikmati pengalaman seperti itulah, tidak kurang dari setengah juta     orang setiap tahunnya sejak beberapa tahun terakhir ini mengunjungi kawasan Suaka Alam Tanjung Harapan. Di sanalah tempat benua besar Afrika berujung – dari ketinggian yang mengawang, ke lautan biru. Di situlah ombak bergolak dari kedalaman misterius meluapkan kegalakannya ke onggokan tipis daratan yang berbatu.
    Tanah ujung yang terpencil ini pada kenyataannya merupakan mahakarya beraneka wajah. Bagi sejarawan, ia adalah tempat dengan daya tarik luar biasa, tempat navigator dari masa silam dengan gagah menghadap tantangan     deru angin gempuran ombak dahsyat untuk menemukan rute aman ke Timur. Bagi  geolog, setiap fragmen bebetuan member petunjuk vital mengenai perkembangan bumi selama kurun waktu jutaan tahun. Bagi botanis, tempat ini merupakan jagad penuh pesona tempat spesies terus bertahan bahkan berkembang.
Disadur  dari: Kompas, Oktober 2000

Menceritakan Pengalaman Lucu


Indikator
Menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan, mengharukan, dsb.) dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat
Menanggapi pengalaman pribadi yang disampaikan    

Perhatikan penggalan cerita berikut!


               Nasrudin pergi ke pasar dan membeli seekor keledai. Dalam perjalanan pulang ia diikuti oleh dua orang pencuri. Pencuri yang satu melepaskan ikatan keledai dan menggantikan dirinya menjadi keledai. Sedangkan pencuri yang satunya pergi membawa keledai tersebut.
    Sesampainya di rumah, Nasrudin sangat terkejut karena kedelai yang dibelinya telah berubah menjadi manusia. Pencuri itu mengatakan bahwa dirinya dulu adalah seorang manusia. Karena saat itu banyak berbuat dosa, ia dikutuk menjadi seekor keledai. Akan tetapi, ia sekarang sudah bertobat. Mendengar pengakuan orang tersebut, Nasrudin pun melepaskan ikatan tali pada leher orang tersebut.
    Keesokan harinya ia pergi lagi ke pasar. Di sana ia menemukan keledainya sudah dijual oleh pencuri itu. Ia mengatakan “Pasti engkau telah berbuat dosa lagi sehingga dikutuk menjadi seekor keledai   

 Uji kemampuan
Jelaskan!
Bagaimana kesan kalian setelah membaca cerita tersebut?
Di mana letak kelucuan cerita tersebut?
Amanat apa yang dapat kalian petik dari cerita tersebut?

Kalian tentu mempunyai pengalaman yang berkesan (sedih, gembira, menegangkan, takut, dan lain-lain) maupun pengalaman orang lain. Ceritakan pengalaman tersebut di depan kelas dengan memperhatikan:
Pilihan kata yang tepat
Mimik yang sesuai dengan ucapan dan gerak







Menulis  Surat  Resmi


Anda akan menentukan unsur dan struktur surat penawaran, menulis hal-hal yang terdapat dalam produk yang ditawarkan dalam surat, mengidentifikasi struktur surat resmi, menulis surat penawaran, undangan, dan izin, serta menyunting surat.    

Salah satu strategi atau cara yang dapat dilakukan sebuah perusahaan untuk menawarkan hasil produksinya adalah membuat surat penawaran. Surat penawaran termasuk jenis surat resmi.

Contoh Surat Penawaran

CV. NUSANTARA
Jln. Soekarno-Hatta Sakra 93671      
Jakarta, 16 Januari 2004
Nomor           :  03/Nu/Ix/04
Hal                  :  Penawaran Harga Buku
Lampiran       :  Daftar Harga


Yth. Bapak Gaffar Abbas
Pemilik UD. Nusa Bakt
di  Sakra


Dengan hormat.
       Kami, CV. NUSANTARA, adalah distributor bermacam-macam buku dengan berbagai judul. Kami mengelola usaha ini hampir sepuluh tahun. Wilayah pemasaran kami sudah hampir seluruh wilayah NTB, sehingga memperoleh kepercayaan dari berbagai penerbit sbagai distributor tunggal mereka.
       Kami memperoleh informasi bahwa Bapak membutuhkan buku dalam melengkapi perpustakaan di sekolah yang Bapak pimpin. Atas dasar itu, kami menawarkan berbagai judul buku yang bermutu dengan harga yang menarik. Bahkan kami berani memberikan potongan harga 10 % untuk pembelian di atas sepuluh juta ke atas. Bersama ini, kami sertakan brosur buku yang kami siapkan.
       Kami sangat berharap penawaran ini mendapat tanggapan yang positif. Dengan begitu, kita bisa menjalin kerja sama di masa-masa yang akan datang.


Hormat kami,
CV. NUSANTARA


Sambudi
direktur   
 Surat resmi dapat dibuat oleh perusahaan, organisasi, instansi tertentu, atau perorangan, yang dikirimkan kepada suatu perusahaan, organisasi, instansi, atau perorangan. Isi surat resmi berkaitan dengan hal-hal yang menggambarkan keformalan. Suasanan keformalan ditandai oleh hal-hal berikut:
Keresmian bentuk surat
       Yang dimaksud dengan bentuk surat adalah komposisi atau posisi bagian-bagian surat yang sudah berpola dan secara resmi digunakan oleh lembaga baik pemerintah maupun swasta.
Ada beberapa bentuk surat yang dianggap resmi, seperti:
a.  bentuk lurus
b.  lurus penuh 
c.  setengah lurus
d.  bentuk lekuk
Bagian-bagian surat
      Surat resmi mempunyai bagian-bagian surat yang relative lebih lengkap dibandingkan dengan surat pribadi.
Bagian-bagian surat terdiri dari:
Kop / Kepala surat
Nomor surat
Lampiran
Perihal / Hal
Tanggal Pembuatan surat
Alamt Tujuan
Salam Pembuka
Isi (kalimat pembuka, isi, dan kalimat penutup)
Salam Penutup
Pengirim surat (Nama Terang)
Tanda Tangan (Cap jika ada)
Tembusan

Bahasa surat 
       Bahasa dalam surat resmi harus ditulis dengan:
Ragam bahasa baku atau sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan
Pilihan kata (diksi) yang tepat
Kalimat yang jelas
Mudah dipahami oleh pembaca



Mengidentifikasi ide pokok tiap paragraf
Menuliskan kembali isi bacaan  secara ringkas dalam beberapa kalimat
Mengidentifikasi  fakta dan pendapat      
 
Mencatat masalah dari berbagai sumber
Menanggapi masalah dalam berita, artikel, dan buku
Mengajukan saran dan pemecahan terhadap masalah yang disampaikan
Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan  dan membahas maknanya                                                                                                                  
 
Membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit
Menemukan ide pokok  paragraf dalam teks
 Membuat ringkasan is teks dalam kalimat yang runtut    
 
Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif
Menyusun kerangka paragraf naratif berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa
Mengembangkan kerangka yang telah dibuat menjadi paragraf naratif
Menyunting paragraf naratif yang ditulis  teman berdasarkan kronologi, waktu, peristiwa, dan EYD   
 
Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan
Menyusun kerangka paragraf deskriptif
Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf deskriptif  
Menggunakan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif
Menyunting paragraf deskriptif yang ditulis  teman   
 
Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf ekspositif
Menyusun kerangka paragraf ekspositif
Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf ekspositif dengan menggunakan kata penghubung yang tepat
Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif
  Menyunting paragraf ekspositif yang ditulis  teman   
 
Mengidentifikasi (majas, rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang)
Menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan
Mengartikan kata-kata berkonotasi dan makna lambang
    
 
Menyebutkan  tema puisi yang didengar
Menyebutkan jenis puisi yang didengar (balada, elegi, roman, ode, himne, satire, dll.)
Menjelaskan maksud puisi
Mengungkapkan isi puisi dengan kata-kata sendiri    
 
Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri
Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan
Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat) cerita pendek yang dibaca.
    
 
  Menemukan nilai-nilai dalam cerpen
  Membandingkan nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek dengan kehidupan sehari-hari
    
 
Membaca  puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi
Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi
Memberi saran perbaikan pembacaan puisi yang kurang tepat
            
Mengidentifikasi unsur-unsur (tema, penokohan, dan amanat)  cerita pendek yang telah dibaca
Mengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari       

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar